KompasTV

by watchdoc Ninja's
Bimbim, dalam wawancara untuk program Diskografi pada 2016

KompasTV

Pada awal 2011, kami bekerja sama dengan KompasTV untuk pembuatan dokumenter berdurasi 24 menit. Ada beberapa program yang kami kerjakan hingga 2014.

Mereka Kini adalah program yang mengulas tokoh-tokoh yang pada masa presiden Soeharto pernah jaya, namun namanya kini terdengar redup. Serial sebanyak 13 episode ini berdurasi tayang 30 menit. Beberapa tokoh yang kami diantaranya Harmoko, Probosutedjo, Daoed Joesoef (meninggal 2018), dan banyak lainnya.

Bab Yang Hilang merupakan program yang mengulas tentang sejarah-sejarah yang tak pernah diajarkan di bangku sekolah. Salah satu contoh dari tayangan ini yaitu berjudul Soekarno VS Hatta, di mana tak pernah disebutkan kontroversi atau perbedaan pandangan tentang menjalankan pemerintahan diantara pendiri bangsa tersebut. Judul yang lain yaitu Sejarah Pos yang kehadirannya kini tak pernah dinanti sebagian orang karena surat tagihanlah kini yang menjadi rutinitas pengiriman surat. Padahal pada awal kemunculannya, Pak Pos selalu dinanti masyarakat. Program ini terdiri dari 3 seri, yaitu I, II, III. Masing-masing seri terdiri dari 13 episode dan berdurasi tayang 30 menit.

Trailer Memoar – https://www.youtube.com/watch?v=XLkSanzbbw4

Memoar adalah program untuk mengenang para orang-orang yang beberapa ide dan kebijakannya sangat kontroversial, seperti Ali Sadikin yang melegalkan perjudian saat ia menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Juga seorang presiden Gus Dur yang membiarkan bendera Bintang Kejora berkibar di Papua, dengan syarat tidak boleh lebih tinggi dari bendera Merah Putih. Program ini terdiri dari seri, seri I & seri II dengan masing-masing seri terdiri dari 13 Episode.

Berbeda dengan sejarah tentang hiruk pikuk ekonomi dan politik, program Diskografi dengan 20 episode adalah serial yang bercerita tentang musisi yang pernah berjaya pada masanya. Salah satunya adalah God Bless, Rhoma Irama, Slank, Gigi, Ebiet G Ade, dan lain sebagainya. Ulasan sejarah mereka, kami tayangkan dalam durasi 1 jam.

Bumper program Memoar. Program ini mulai tayang pada 6 Februari 2013

Jalan Pedang juga mengulas tentang sejarah, tapi sejarah tentang pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia. Salah satunya ialah GAM atau Gerakan Aceh Merdeka yang terjadi pada 1976 hingga 2005. Judul yang lain diantanya Republik Maluku Selatan 1957-1961, DI-TII1949-1962, Pemberontakan Qahar Muzakar 1953-1965, juga Partai Komunis Indonesia yang terdiri dari 2 bagian, bagian 1 (1926-1965) dan bagian 2 (1965-1979). Dengan total 13 episode, tayangan ini berdurasi tayang 1 jam.

Trailer Jalan Pedang – https://www.youtube.com/watch?v=cWmNMsWig3k

Progam sejarah lainnya adalah Jalan Soeharto. Sejarah tak melulu tentang hal negatif atau buruk. Di program ini kami kisahkan beberapa kesuksesan Soeharto ketika menjabat sebagai presiden Indonesia selama 32 tahun. Isu tentang pemasangan IUD atau alat kontrasepsi untuk dipasangkan di rahim oleh pihak puskesmas tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan langsung, terjawab di sini. Juga isu adanya orang yang memasangkan ikan di kail Soeharto ketika memancing, kami rekam kesaksian dari orang yang menemaninya selama memancing. Video 13 episode ini berdurasi 1 jam.

Salah satu kegiatan OPM di pedalaman Papua

Sejarah peci, bedug, ketupat, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan Islam, kami tayangkan di program Risalah. Tayang di bulan ramadhan, serial yang berjumlah 30 Episode ini berdurasi tayang 30 menit. Termasuk ulasan bagaimana konsep ngabuburit yang dilakukan di era modern, dikaitkan dengan makna ngabuburit dari kacamata seorang ustad. Program ini tayang selama puasa 2014.

Program lainnya adalah Penjuru Kota yang mengulas berbagai informasi menarik seputar idustri rumahan, komunitas, tempat wisata, museum sejarah, dan lain sebagainya. Tayangan 3 sampai 5 menit ini tayang setiap hari di berita Kompas TV selama 1 tahun, pada 2014.

Related Videos